01 November 2011

Bukan Salah Masa Lalu


Note by Elitya Permana

Sayang rasanya tidak ikut mem-publikasi-kan tulisan adik saya yang imut , lucu, dan penuh inspiratif ini. Ini adalah note eyik (panggilan sayang buat Elitya Permana) yang dipost-kan di akun fb-nya. Eyik bukan penulis terkenal, tapi membaca tulisannya, seakan kita membaca tulisan seorang penulis terkenal. Maka secara diam-diam saya nge-re-post tulisannya.

Tautan


Bukan Salah Masa Lalu

Membuka catatan waktu SMA. Tulisannya awut-awutan. Si penulis hanya butuh untuk menyampaikan rasa saja. Setelah galaunya hilang, dia lupa untuk membereskan catatan yang berantakan kemana-mana itu. Andai dia tahu suatu saat dia ingin kembali membacanya. Mmmmmh.. Dasar bocah SMA ababil.. -.-‘

Akhirnya gak jadi baca. Keburu pusing dengan tulisan yang entah berantah itu. Cuma membolak-balik halaman berharap menemukan tulisan yang sedikit lebih lumayan. Ternyata gak ada. Sampai akhirnya membuka halaman paling akhir dari buku. Di sampul bagian belakang ada amplop besar yang disatukan dengan buku menggunakan isolatip. Setelah dibuka isinya folio bergaris rangkap banyak, dilipat-lipat hingga berukuran kecil.

Nyimpen dokumen kok kaya gini -.-‘. Udah mirip petualangan mencari harta karun aja ni bocah. Tapi karena penasaran dan lagi nyari bacaan ahirnya dibaca juga.

Baca di menit pertama langsung ketawa. Menit selanjutnya masih ketawa. Bukan karena ceritanya lucu, tapi gaya bahasanya yang alay memprihatinkan wkwkwkwk :p. Setelah membaca sampai habis baru sadar, ternyata ini bocah niatnya mau bikin novel. Tapi sayangnya novel ini belum selesai. Berhenti di bagian yang amat sangat mengambang. Mau dibikin happy ending atau sebaliknya juga belum jelas.

Yaelaaaaah,, bijimane si ni anak.. Mmmmmpf..-.-‘

Sayang banget kalo gak diterusin. Walaupun alay sangath (pake ‘h’ artinya pelebay-an maksimal) tapi tulisan ini ada rasanya. Sederhana tapi detil, deskripsinya boleh laaah.

Akhirnya berniat memperbaruinya. Kembali menulisnya dengan bahasa yang selayaknya. Bukan karena apa-apa, kalau konsisten dengan bahasa yang alay seperti itu sudah gak bisa lagi. Hahaha:D. Gaya.

Setelah dipikirkan, mending nyari endingnya dulu. Terus bingung. Gak berbakat merekayasa. Ini terus gimanaaaaaaaa? Mau diapakan ahirnya? Galau. Diem. Lama-lama ngantuk -_________-

Seseorang menepuk punggung dari belakang. Pelan-pelan, tapi cukup mengejutkan. Secara lagi suasana hening dikali sunyi dipangkatkan senyap. Setelah menengok ke belakang yang terlihat bapak tua dengan senyum dingin. Awalnya takut. Tapi setelah mengeluarkan sebatang coklat putih yang besar gak jadi takut ^.^

Bapak Tua: Sedang apa kau malam-malam Nak?

Gadis: Sedang galau. Hehe. Pak? Kek?

Bapak Tua: Panggil Om saja laaaah..

Gadis: Lhah. Gamau. Ni, tak balikin aja cokelatnya.

Bapak Tua: Lha kok gitu? Jangan dong, coklatnya kan buat kamu.

Gadis: Anda lebih tua dari bapak saya. Mmmmmh..-___-

Bapak Tua: Ya sudah bapak saja. Apalah arti sebuah panggilan sii? -____-‘

Gadis: Duileeee.. Hahaha :D

Akhirnya membuka coklat dan kemudian menawarkan ke Bapak Tua.

Bapak Tua: Lha kok dikasih saya. Udah gak doyan bapak, Nak. Sudah, buat kamu saja.

Gadis: Saya Cuma basa-basi kok Pak, karena tahu bapak gak mau makanya saya tawarin Hehe.. :p

Bapak Tua: Kamu tadi ngapain?

Gadis: Kan sudah saya bilang, saya lagi galau-___-‘

Bapak Tua: Lho galau kan ada sebabnya?

Gadis: Haha.. Iya.. Saya lagi menggalaukan ending cerita yang saya tulis sendiri.

Bapak Tua: Kamu sendiri yang mulai nulis, kamu sendiri yang gak bisa menyelesaikan?

Gadis: Hehe iya.. Saya menulisnya. Tapi itu dulu. Saat saya masih alay.

Bapak Tua: Lalu apa masalahnya?

Gadis: Selama ini saya hanya bisa menulis apa yang saya alami. Sekarang, saya sudah tidak mengalaminya lagi. Jadi sekarang saya galau. Seandainya bisa ketemu dengan saya yang masih alay Pak. Mau saya jitak tu bocah. Gak tanggung jawab banget menelantarkan nasib pemeran dalam ceritanya. Dasar bocah gak berperi penulisan. Mmmmmh..-____-‘

Bapak Tua: Wahaha.. :D Sepertinya aku menemukan orang yang tepat.

Gadis: Bapak, please. Jangan Pak. Selera saya bukan bapak-bapak. Kalo bapak minta ganti rugi coklat, besok pagi saya balikin deh Pak.

Bapak Tua: Owalah bocaaaaah -____-‘. Pikiranmu kemana-mana. Hmmmmmh..

Gadis: Maksutnya?

Bapak Tua: Kamu mau aku bantu menemui dirimu yang masih alay?

Gadis: Hahaha.. Lebih mendingan saya, pernah alay. Bapak? Udah seumur gini masih khayal. Wkwkwkwkw.. :p

Bapak Tua menggandeng tangan gadis itu dan mengajaknya berjalan tiga langkah. Pada langkah ketiga, dia tidak lagi memijak lantai yang sama pada dua langkah sebelumnya. Ini lantai ubin warna hijau. Ini… Ini.. seperti di rumah, pikirnya. Mata gadis itu tertuju ke segala penjuru arah. Ini di rumah. Hmmmmh.. Lalu Bapak ini siapa? Masa malaikat? Nanti pulangnya gimana?

Bapak Tua: Udah bener gak di sini tempatnya?

Gadis: Bapak siapa? Ini kok?-.-a

Bapak Tua: Kamu hanya punya waktu sepuluh menit untuk menjitak dirimu yang masih alay. Jika kelamaan kamu bisa menyusut.

Gadis: Owh.. #masih bingung

Kebingungannya kemudian dipecahkan oleh suara lain, suara bocah pulang sekolah

Gadis alay: Assalamualaikum Mamaaaaaaaa..

Dari belakang rumah: Waalaikum salam. Dek, makan sendiri yaa. Sebentar lagi Mama mau arisan. Pintunya dikunci aja. Mama bawa kunci kok.

Gadis alay: Lha? Kok? #Sambilciumtanganmamanya

Mama: Udah ya, mama berangkat dulu.

Gadis Alay: Lha? -___-‘

Gadis: Hey bocah.. ^.^

Gadis Alay: Lhaaaaaaaaaaah.. Kamuuuuuuuuuuuuuu..??

Gadis: Haha.. Apa kamu?

Gadis Alay: Siapa kamu? Ngapain meniru aku? Gak ada gaya lain yang bisa kamu tiru apa?

Gadis: Emang beneran harus dijitak ini bocah.. -____-. Saya itu kamu.

Gadis Alay: Gak mungkin. Kamu jerawatan. Haha.. :D Gak mungkin wkwkwkwk :p

Gadis: Heeeeeeh.. Saya punya anting yang seperti kamu pakai sekarang.

Gadis Alay: Mana?

Gadis: #Buka jilbab. Ni..

Gadis Alay: Yaelaaaaaaah, bahkan anting pun kamu ngikut-ngikut.. Mmmmmh.. -________-‘

Gadis: Aku adalah kamu di masa depaaaaan..

Gadis Alay: Ho? Aku habis pembagian ulangan biologi kemaren. Coba tebak dapet berapa?

Gadis: 8,3. Tertinggi di kelas nilai 9. Kamu galau. Malemnya nulis di diary “Sekalipun gak suka hapalan, pokoknya harus belajarrr. Huruf ‘r’-nya tiga.

Gadis alay: ho? #membuka lemari belajar #bukadiary. #memastika huruf ‘r’-nya tiga..

Kamu?

Gadis: Kenapa? Masih gak percaya lagi? Tak jitak beneran ni kalo gak percaya -_____-‘

Gadis Alay: Emang bisa ya. #menamparmuka.

Saya gak ngimpi kan?

Gadis: Hey kamu, saya juga hampir tak percaya. Tapi apa boleh buat. Saya butuh kamu.

Itu poto Fernando Alonso?? Eh, tahu gak sebentar lagi kamu punya idola baru. Hahaha ;D

Mahluk pribumi bernama Donnie Sibarani. Hehe ..

Gadis Alay: Yaelaaah.. Fernando tak terganti.

Gadis: Hey bocah, kamu masih ababil ya. Pas dia keluar dari Reanult kamu mulai gak suka.

Gadis Alay: Apapun. Pokoknya Fernando. Titik.

Eh, tadi kamu mau ngapain kesini?

Gadis: Owh iya, kamu pernah nulis “ljkfdghtrfyer#fytd*dfh*ft***dfgf”, kan?

Gadis Alay: Owh iya, baru dalam proses. Hehe.. Kamu baca yah? ^.^

Gadis: Iya, selesaikan gih.. Saya penasaran..

Gadis Alay: Iya, ntar sore rencananya, habis ngerjain tugas sama “gdghstfrtfd”.

Gadis: Lhaaaa.. Gak usah ajaaa. Mending nulis deh. Beneran. Lagian sore ini menyedihkan. Lebih baik kamu menghindari sore ini sama dia.

Gadis Alay: Emang kenapa si?

Gadis: Jika menggenggam itu batu, membuka telapak tangan itu kertas, dan dua jari seperti ini artinya gunting. Maka sore ini kamu akan jadi kertas dan dia akan jadi gunting.

Gadis Alay: Kami putus? Eh kamu? Mmmmmh -_____-‘

Gadis: Jadi saranku hindari sore ini yaaa.. Selesein tulisannya aja. Oke?

Bapak Tua: Nak, sepuluh detik lagi.

Gadis: Saya akan balik lagi minta hasil ahirnya besok. Ok? ^.^ #sambil berlari menyambar tangan bapak tua

Satu detik kemudian mereka berdua sudah kembali ke tempat semula.

Gadis: Bapak, kok gak pake acara melangkah tiga kali dulu?

Bapak Tua: Ya, pake gaya apa aja bisa Nak. Kamu mau pake gaya terbang?

Gadis:Hehe.. Boleh.. boleh.. Kenapa tadi gak gaya terbang aja Pak?

Bapak Tua: Untuk pemula kaya kamu tadi gaya terbang bikin shock..

Gadis: Besok pake gaya terbang ya Pak?

Bapak Tua: Kenapa harus besok? Sekarang aja bisa.

Gadis: Lha, kan saya nunggu dia menyelesaikan hari ini-nya.

Bapak Tua: Itu kan tinggal settingannya Nak. Kalo kita datang ke hari besoknya dirimu yang alay itu juga bisa.

Gadis: Owh gitu? Jadi sekarang ni?

Bapak Tua: Jangan sekarang dong, bapak kan capek -_____-‘

Gadis: Lhah.. gimana sii?

Bapak Tua: Setidakna biarkan saya istirahat lima belas menit.

Gadis: Owh gitu. Iya deh ^_^. Eh, bapak siapa si? Darimana?

Bapak Tua: Udah limabelas menit Nak, ayo sekarang aja.

Gadis: Lhaaaaa.. Bijimane si.. Hmmmmh.. -____________-‘

Bapak Tua: Pegangan yang erat, kita tebang..

Dan benar saja. Bapak tua itu mengajak melompat sangat tinggi dengan pendaratan tepat di samping Gadis Alay yang sedang duduk di kursi belajarnya sambil galau.

Gadis: Hey, mana tulisannya udah jadi kan?

Gadis Alay: Hmmmmh.. -_____-‘ . Belum.

Gadis: Lhaaaah? Gimana to? Kan udah saya kasih waktu sehari.

Gadis Alay: Gabisa ngelanjutin. Hilang rasa.

Gadis: Hilang rasa gimana? Kamu kan tinggal nulis aja.

Gadis: Itu yang ku tulis beneran tauk. Kalo udah kehilangan objek yang kutulis ya aku gak bisa ngelanjutinnya lagi.

Gadis: Emang siapa objeknya?

Gadis Alay: Masa kamu gak tahu? Aku kan kamu. Yang pernah aku jalani udah pernah kamu jalani. Pikir aja sendiri >.

Gadis: Ho? #bingung

Gadis Alay: Lagian kenapa si kamu ke sini? Bikin aku gak tenang aja. Tahu gak, sejak kamu kasih tahu sore itu aku bakal putus, aku jadi gelisah, sensitive dan takut. Sedikit masalah kecil bikin kita bertengkar. Kata dia sore itu aku aneh. Dan benar saja, kami memang akhirnya putus. Coba kamu gak datang, gak ngasih tahu, aku gak akan jadi aneh, kita gak akan bertengkar dan semuanya baik-baik saja. Jika sekarang aku gak bisa menelesaikan tulisan ini, sedkit banak karena kamu juga. Jadi jangan paksa aku menyelesaikannya ya. Aku gak mampu. Jadi sebaiknya kamu pulang saja.

Gadis: #tertegun #diam. Maaf ya, bukan maksudku. Maaf.

Gadis itu menghampiri bapak tua.

Bapak Tua: Kenapa Nak?

Gadis: Sia-sia Pak. Tidak akan mengubah apa-apa. Saya tetap tidak bisa mendapatkan ending cerita.

Bapak Tua: Ya, tinggal ditulis aja emang gak bisa ya? -.-a

Gadis: Mmmmmh, bagaimanapun juga dia adalah saya Pak. Kita sama-sama menulis apa yang kita rasakan. Saya datang kemari berharap menemukan rasa. Tapi ternyata saya tidak menemukannya. Malahan mengacak-acak semuanya. Hmmmmmh..-_____-‘

Bapak Tua: Coba lanjutkan lagi ceritamu. Bukan dengan cara menemukan rasa yang hilang, tapi dengan cara memberi rasa pada setiap yang kamu ceritakan

.

Gadis: Mmmmmh? Sebenernya bapak siapa si?

Bapak Tua: Aku seperti kamu yang datang ke masa lalu. Aku masa depan dari kehidupanmu yang sekarang. Aku hanya datang untuk mengetahui apakah alatku ini akan berguna jika dipakai di kemudian hari nanti. Sekarang aku sudah menemukan jawabannya.

Gadis: Wajah bapak mirip cover buku Fisika deh.. -.-a

Bapak Tua: Hehe.. Yang kamu lihat mungkin benar. Aku ilmuwan. Ayo pulang. Sepuluh menitmu hampir habis. Mau pake gaya apa?

Gadis: Gaya terjun bebas aja Pak.

Bapak Tua: Baiklaaaah..

Dan kemudian mereka berdua terjun bebas.

Gubrak..!!! Aaaaaw.. Merasakan dinginnya lantai. Punggung sakit. Membuka mata. Gadis tersadar, baru saja dia terjatuh dari tempat tidur.

Bangkit. Melihat folio bergaris rangkap banyak masih tergeletak di meja. Membuka halaman paling belakang. Masih sama. Ceritanya masih belum selesai. Hmmmh..-____-‘

Duduk di kursi. Galau. Kenapa mimpinya kaya gitu?-__________-a

Tak berapa lama dia kembali mengetik. Setelah menyadari bahwa tak seharusnya menyalahkan masa lalu, yang terpenting adalah apa yang dilakukan pada saat ini. Jangan sampai dia di masa depan menyalahkan dirinya sendiri di masa sekarang. Masa lalu bukan utuk disalahkan, masa lalu adalah inspirasi untuk belajar menjadi lebih baik ^.^ .Masa lalu mengajarkan untuk mengubah sudut pandang. Bukan dengan cara menemukan rasa yang hilang, tapi dengan cara memberi rasa pada setiap yang kamu ceritakan. Mari menyelesaikan apa yang sudah pernah dimulai :)

# Ceria ini hanya fiktif belaka, jika ada kesamaan nama tokoh atau jalan cerita, palingan cuma mirip apa yang ada di mimpi penulisnya ^.^#

4 komentar:

  1. nice story....bisa dibuat versi novelnya donk ---fr defi

    BalasHapus
  2. dasar "jelek"...
    kuakui dy emg hebat, tapi...

    nitip salam bwt si jelek ya.. dah beberapa tahun masa ga nambah tingginya.., beratnya juga .. he

    By : Si tinggi, kurus, jelek.. =)


    BalasHapus

  3. TOLONG jangan lupa di sampaein ke eyik ya..

    "i'm stiil a live" ^_^

    by : TKJ

    BalasHapus